PENERAPAN METODE MIKIR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, REFLESKI) BERBANTUAN MEDIA FLIPPITY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMAN 09 BANDUNG

Fatin Syaza Naurah, 205030001 (2024) PENERAPAN METODE MIKIR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, REFLESKI) BERBANTUAN MEDIA FLIPPITY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DI KELAS X SMAN 09 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai masalah keterampilan menulis teks biografi dalam pembelajaranbahasa Indonesia. Dalam Kurikulum Merdeka setiap capaian pembelajaran menuntut keterampilan menulis peserta didik. Kebutuhan keterampilan menulis teks biografi tidak sesuai dengan kondisi peserta didik kelas X di SMAN 9 Bandung. Pembelajaran Bahasa Indonesia juga masih sering sekali dianggap membosankan oleh peserta didik hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat dibilang cukup tua dan tidak mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity, kemampuan peserta didik sebelum diterapkan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity, kemampuan peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity, perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR berbantuan media flippity. Melalui metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design, adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode MIKIR dengan nilai rata-rata 4. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan metode MIKIR dan media flippity. 3) kondisi peserta didik setelah diberi metode MIKIR dan media flippity. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode MIKIR. Kata Kunci: menulis, teks biografi, metode MIKIR, media Flippity

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:05
Last Modified: 13 Sep 2024 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70053

Actions (login required)

View Item View Item