PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA BINA MANDIRI KAB. BANDUNG BARAT ( Studi Eksperimen Pada Kelas X SMA Bina Mandiri Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)

ALIA QISTI, 205020039 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA BINA MANDIRI KAB. BANDUNG BARAT ( Studi Eksperimen Pada Kelas X SMA Bina Mandiri Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2. PENGESHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (129kB)
[img] Text
10. RINGKESAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Bina Mandiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bina Mandiri tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol grup deain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, pretest dan posttest, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 47,72 dan nilai rata-rata posttets 87,79. Kelompok kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional metode diskusi menunjukan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata nilai pretest sebesar 51,25 dan rata-rata nilai posttest 79,96. adapun peningkatan hasil belajar yang di peroleh ialah peningkatan rata-rata nilai 39,08 di kelas eksperimen dan peningkatan rata rata nilai di kelas kontrol sebesar 28,71. Berdasarkan hasil hitung effect size r sebesar 0,58 menunjukan kontribusi yang besar model model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar. bagi guru model pembelajaran Cooperative Learning berbasis media wordwall dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, bagi siswa dapat mempasilitasi agar aktif dalam pembelajaran, bagi kepala sekolah diharapkan menetapkan kebijakan mengunakan model pembelajaran cooperative learning, bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi untuk penelitian sejenis. Kata kunci : Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament, wordwall, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:00
Last Modified: 13 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70052

Actions (login required)

View Item View Item