MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGEVALUASI PERWATAKAN TOKOH TEKS DRAMA BERORIENTASI DIKSI PADA PESERTA DIDIK FASE F SMAN 20 BANDUNG

Syarif, Naufal Rachman,205030091 (2024) MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGEVALUASI PERWATAKAN TOKOH TEKS DRAMA BERORIENTASI DIKSI PADA PESERTA DIDIK FASE F SMAN 20 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUS FKIP.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketepatan model problem based learning dalam pembelajaran mengevaluasi perwatakan tokoh teks drama berorientasi diksi pada peserta didik Fase F di SMAN 20 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMAN 20 Bandung yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas kontrol yang menggunakan model discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes evaluasi perwatakan tokoh dan angket respon siswa terhadap model PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL dengan siswa yang menggunakan model discovery learning. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, respon siswa terhadap model PBL juga menunjukkan hasil yang positif, dimana siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model problem based learning tepat diterapkan dalam pembelajaran mengevaluasi perwatakan tokoh teks drama berorientasi diksi. Model ini mampu meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kata Kunci: diksi, evaluasi perwatakan tokoh, hasil belajar, keterlibatan siswa, Problem Based Learning, teks drama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:06
Last Modified: 13 Sep 2024 02:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70021

Actions (login required)

View Item View Item