PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA LITERACY CLOUND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Rashin, Tsaniya Aghniya,205060033 (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA LITERACY CLOUND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative script berbantuan media literacy cloud dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik di Kelas IV SDN 068 Sindanglaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SDN 068 Sindanglaya Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas IV sebanyak 56 orang, yang terdiri dari 28 orang di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 28 orang di kelas IVB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang digunakan, ditemukan bahwa penerapan model cooperative script berbantuan media literacy cloud dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan menyimak peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dikelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada pretest kelas eksperimen nilai rata-rata keterampilan menyimak mencapai 33,93, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol hanya mencapai 31,79. Lalu terjadi peningkatan pada posttest di kelas eksperimen menjadi 77,5 sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan 56,07, selain hasil dari pretest dan posttest peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol peningkatan keterampilan menyimak peserta didik juga dapat dilihat dari uji NGain, pada kelas kontrol uji NGain memperoleh presentase sebesar 51% sedangkan kelas eksperimen memperoleh 68% yang berarti peningkatan keterampilan menyimak peserta didik lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan bahwa model cooperative script berbantuan media literacy cloud memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak dengan nilai 1,27. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa keterampilan menyimak peserta didik dapat ditingkatkan dengan model cooperative script berbantuan media literacy cloud. Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Literacy Cloud, Model Cooperative Script

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:02
Last Modified: 13 Sep 2024 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70018

Actions (login required)

View Item View Item