Artamevia Tarisa, 205060185 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cikuya 2 Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (805kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari masalah mendasar yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan siswa dalam memahami materi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya guru menerapkan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dipadukan media wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dan Design berupa Quasi Eksperimen Semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yaitu pretest dan posttest dan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Pretest posttest untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, sedangkan observasi untuk melihat proses pembelajaran pendidik dan peserta didik apakah pendidik sudah menerapkan model Discovery Learning dan apakah peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan model berbasis penemuan. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji N gain. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini terlihat dari hasil uji idependent sample t test yaitu hasil Sig. Posttest (2-tailed) adalah 0,01 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model discovery learning berbatuan wordwall. Kata kunci: discovery learning,wordwall,pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 01:59 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 01:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70016 |
Actions (login required)
View Item |