PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNINGTERHADAP CREATIVE THINKING SKILL’S(Penelitian Quasi Eksperiment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tanjungpura VI Karawang)

ANAYA SALMA NUR, 205060114 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNINGTERHADAP CREATIVE THINKING SKILL’S(Penelitian Quasi Eksperiment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tanjungpura VI Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya creative thinking skill’s pada peserta didik di SD Negeri Tanjungpura VI Karawang. Penelitianini betujuan untuk mengetahui aktivitas peserta didik, peningkatan dan pengaruhmodel Project Based Learning (PJBL) terhadap mata pelajaran SBdp muatanRagam Hias di SD Negeri Tanjungpura VI Karawang. Pada penelitianini menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi eksperimen design). Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VA yang berjumlah 29 peserta didiksebagai kelas eksperimen dan VB berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi, tes yangdigunakan yaitu menggunakan pretest dan posttest yang dijadikan untuk datahasil belajar peserta didik untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan padacreative thinking skill’s. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen denganrata-rata skor pretest peserta didik yaitu 38,85 dan rata-rata skor posttest pesertadidik yaitu 85,05. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata skor pretest pesertadidik yaitu 40,46 dan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 77,93. Hasil uji perhitungan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwanilai posttest lebih besar dibandingkan dengan nilai pretest, artinya yaitu pesertadidik terdapat peningkatan dalam creative thinking skill’s. Peneliti menggunakan uji independent sample t test untuk mencari pengaruh model Project Based Learning (PJBL) terhadap creative thingking skill’s terhadappelajaran SBdp muatan Ragam Hias kelas V di SD Negeri Tanjungpura VI Karawang. Diketahui nilai t hitung sebesar 3,054 > 2,080 mempunyai sigsebesar 0,003 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh secara signifikan padacreative thinking skill’s pada peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwaH0 ditolak dan H1 diterima. Jadi peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PJBL) terhadap creative thingkingskill’s dalam mata pelajaran SBdp pada peserta didik kelas Vdi SDNegeri Tanjungpura VI Karawang. Kata Kunci: Creative Thinking Skill’s, Project Based Learning (PJBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:44
Last Modified: 13 Sep 2024 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70010

Actions (login required)

View Item View Item