TRIAVANI, FADILAH,205060178 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sadu 03 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang penting dan harus dikembangkan oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketidak tuntasan nilai matematika siswa SD yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru dan model pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu melalui model problem based learning dalam pembelajaran Matematika materi penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan model problem based learning 3) mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, 4) mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Sadu 03. Dengan sampel siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay dan non tes berbentuk observasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa 1) implementasi model problem based learning berjalan dengan baik, 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model problem based learning dengan hasil 67% pada kategori cukup efektif 3) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil sig (2- tailed) 0,000 4) terdapat besar pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu 1,462 dengan kategori besar. Kata Kunci : problem based learning, pemecahan masalah matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 01:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69936 |
Actions (login required)
View Item |