PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sadu 03 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung)

TRIAVANI, FADILAH,205060178 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sadu 03 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang penting dan harus dikembangkan oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketidak tuntasan nilai matematika siswa SD yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru dan model pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu melalui model problem based learning dalam pembelajaran Matematika materi penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan model problem based learning 3) mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, 4) mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Sadu 03. Dengan sampel siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay dan non tes berbentuk observasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa 1) implementasi model problem based learning berjalan dengan baik, 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model problem based learning dengan hasil 67% pada kategori cukup efektif 3) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil sig (2- tailed) 0,000 4) terdapat besar pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu 1,462 dengan kategori besar. Kata Kunci : problem based learning, pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:18
Last Modified: 13 Sep 2024 01:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69936

Actions (login required)

View Item View Item