HARTONO PUTRI, RIANI,205030097 (2024) PENERAPAN MODEL INFORMATION GAP ACTIVITY DALAM MEMERANKAN TEKS DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam keterampilan berbicara. Faktor yang menjadi penyebab ialah kurangnya pelatihan keterampilan berbicara dan penggunaan model pembelajaran yang monoton, sehingga peserta didik membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dan membuat peserta didik menjadi aktif dalam keterampilan berbicara. Pembelajaran memerankan teks drama dapat digunakan untuk melatih keterampilan berbicara, dengan menggunakan model Information Gap Activity sebagai alternatif dalam pembelajaran memerankan teks drama. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memerankan teks drama dan melihat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen yang menggunakan model Information Gap Activity dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design Nonequaivalent Posttest-Only Control Group Designs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis berhasil melaksanakan pembelajaran menggunakan model Information Gap Activity. Kemampuan memerankan teks drama pada kelas eksperimen lebih baik di bandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil nilai rata-rata peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 87,27 dan kelas kontrol sebesar 68,55. Sehingga selisih nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 22,72. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test membuktikan bahwa signifikasi pembelajaran memerankan teks drama pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai sig(2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan hasil belajar pada kedua kelas memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan kelas kontrol dalam pembelajaran memerankan teks drama. Selain itu terdapat perbedaan hasil pembelajaran antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Information Gap Activity dengan peserta didik yang menggunakan metode diskusi. Kata Kunci: Berbicara, Memerankan Teks Drama, Model Information Gap Activity
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69771 |
Actions (login required)
View Item |