PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperiment Kelas V Di SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat)

APRIYANTI JULIA, 205060080 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperiment Kelas V Di SDN Inpres Cikahuripan Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik di SDN Inpres Cikahuripan. Tujuan utama adalah untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan media Scrapbook Digital terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dan desain nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan berbicara berupa soal tes lisan dan instrumen non-tes berupa lembar observasi serta dokumentasi. Teknik pengolahan data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi, dan uji effect size. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe TPS berbantuan media Scrapbook Digital berjalan lancar dan memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan serta antusias peserta didik dan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 45,37 pada pretest menjadi 77,70 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan pada keterampilan berbicara antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji N-gain menghasilkan nilai 0,59 dan uji effect size menunjukkan nilai 1,3 yang masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe TPS berbantuan media Scrapbook Digital memberikan pengaruh yang signifikan dan tinggi terhadap peningkatan keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Kata Kunci: keterampilan berbicara, model kooperatif tipe think pair share, srapbook digital

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:23
Last Modified: 05 Sep 2024 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69768

Actions (login required)

View Item View Item