PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS FISHBONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Sukarahayu Bandung)

OKTAVIA EVA, 205060006 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS FISHBONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Sukarahayu Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, yang mengakibatkan kurangnya motivasi peserta didik dan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan gaya pembelajaran yang lebih kreatif, aktif, dan berpusat pada peserta didik. Salah satu alternatif yang memiliki karakteristik tersebut adalah model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbasis Fishbone terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Sukarahayu yang berjumlah 34 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas IVA (17 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB (17 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kemudian menggunakan uji independent sample T-test dengan bantuan IBM SPSS Statistik 26 menunjukkan hasil sebesar 0,000 < 0,05. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji N-gain ternormalisasi dengan hasil 0,63 untuk kelas eksperimen dan 0,31 untuk kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan hasil sebesar 1,58 yang diinterpretasikan sebagai kategori sangat besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbasis Fishbone memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV. Kata kunci: fishbone, kemampuan berpikir kritis, project based learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:15
Last Modified: 05 Sep 2024 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69766

Actions (login required)

View Item View Item