ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN RUMAH PADA PERUMAHAN BUMI CEMPAKA ASRI PT. DARMA KARYAPUTRA MANDIRI BANDUNG

Mahardhika, Dimas (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN RUMAH PADA PERUMAHAN BUMI CEMPAKA ASRI PT. DARMA KARYAPUTRA MANDIRI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Objek Penelitian ini yaitu Perumahan Bumi Cempaka Asri Bandung dengan data penjualan rumah tidak mencapai target dari tahun 2019-2021 yang disebabkan oleh strategi pemasaran dari analisis segmentasi pasar, yaitu lokasi perumahan yang letaknya terlalu jauh berdasarkan anggapan calon konsumen dan targeting seperti kalangan konsumen berpenghasilan rendah serta konsumen yang belum memenuhi persyaratan untuk melakukan KPR dengan Bank pemberi kredit masih kurang optimal yang menyebabkan penjualan rumah menurun. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui gambaran umum Perumahan Bumi Cempaka Asri Bandung, (2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Perumahan Bumi Cempaka Asri Bandung, (3) Untuk mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan oleh Perumahan Bumi Cempaka Asri Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Perumahan Bumi Cempaka Asri Bandung merupakan sebuah usaha di bidang properti dibawah naungan PT. Darma Karyaputra Mandiri yang menjual rumah dengan harga termurah. (2) Strategi pemasaran yang dilakukan adalah memasarkan via online melalui agen perumahan seperti OLX, Rumah123, membuat website, memasarkan melalui sosial media, dan membagikan brosur. Menerapkan strategi pemasaran dengan konsep STP dan strategi yang efektif adalah segmentasi dan positioning, dengan menawarkan ke berbagai wilayah Bandung dan luar Bandung seperti Jakarta, dan menawarkan harga yang terjangkau. (3) Hambatan internal pembuatan jalan perumahan yang belum selesai dan jumlah personil bagian pemasaran khususnya sales marketing berkurang, hambatan eksternal standar konsumen Bumi Cempaka Asri masih berkisaran wilayah Bandung, letak perumahan berdasarkan anggapan konsumen terlalu jauh, kebijakan bunga bank yang berubah-ubah, dan bank pemberi kredit yang bekerja sama dengan Perumahan Bumi Cempaka Asri sedikit. (4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan: memberikan diskon atau bonus atau cashback untuk menarik minat konsumen, meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak bank pemberi kredit, serta memaksimalkan promosi penjualan baik secara online melalui media sosial dan konten menarik maupun offline melalui pameran properti dan pembagian brosur. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pemasaran yang efektif adalah pemasaran melalui segmentasi dan positioning. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning, Penjualan Rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:19
Last Modified: 03 Sep 2024 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69712

Actions (login required)

View Item View Item