PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KELAS XI SMK PASUNDAN 2 BANDUNG

KOMALASARI AYU, 205030101 (2024) PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KELAS XI SMK PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman dan pembaharuan kosa kata sehingga sulit menuangkan sebuah ide menjadi tulisan yang utuh dan penggunaan model pembelajaran yang digunakan pendidik masih kurang efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif yaitu model Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis surat lamaran pekerjaan sebelum dan setelah menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Penulis menyusun hasil penelitian setelah melaksanakan pembelajaran terhadap peserta didik kelas XI TKJ A sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis mampu melaksanakan pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan nilai 3,8. Hasil dari nilai pretest eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 56 dan mengalami peningkatan pada hasil posttest setelah menerapkan model tersebut dengan rata-rata sebesar 83. Sedangkan nilai rata-rata pretest kontrol sebesar 48,5 dan mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 67. Sehingga terdapat hasil perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Didukung dengan hasil output dalam uji Mann Whitney sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media canva pada menulis surat lamaran pekerjaan kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung berhasil. Kata Kunci: Menulis, Surat Lamaran Pekerjaan, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:55
Last Modified: 03 Sep 2024 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69703

Actions (login required)

View Item View Item