Priutomo Wahyu Ardika, 205020033 (2024) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Kelas XI IPS Di SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi yang diperoleh siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar harusnya sejalan dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Namun dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tidak seluruh siswa berhasil dan berprestasi setelah mengalami proses belajar mengajar, yang mana nilai yang dimiliki siswa tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum yang sudah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (ii) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (iii) pengaruh disiplin dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai cara penyelesaian masalah. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 414 siswa yang diambil sampel menjadi 203 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (i) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi secara efektif sebesar 38,9% dan secara relatif sebesar 79,7% dengan rata-rata skor disiplin belajar sebesar 3,93 (ii) lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi secara efektif sebesar 9,9% dan secara relatif sebesar 20,3% dengan rata-rata skor disiplin belajar sebesar 3,69 (iii) disiplin dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi sebesar 48,8%. Kedisiplinan harus lebih ditingkatkan oleh siswa terutama untuk rajin dan teratur dalam belajar dan siswa harus lebih memperhatikan lingkungan belajar khususnya dalam berkegiatan di dalam masyarakat dan juga sarana dan prasarana di sekolah untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:41 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69702 |
Actions (login required)
View Item |