PENERAPAN TEKNK TRI FOKUS STEVE SNYDER DALAM PEMBELAJARAN MENGEVALUASI INFORMASI TEKS CERPEN KELAS XI SMA TAMANSISWA BANDUNG

PURNAMASARI, MARLYANDA,205030089 (2024) PENERAPAN TEKNK TRI FOKUS STEVE SNYDER DALAM PEMBELAJARAN MENGEVALUASI INFORMASI TEKS CERPEN KELAS XI SMA TAMANSISWA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kemampuan peserta didik dalam membaca teks cerpen terutama dalam menentukan unsur eksterinsik dan strukturnya, menurut peserta didik membaca membutuhkan waktu yang cukup lama salah satu alasannya mereka memiliki banyak aktivitas, tugas dan praktik yangjuga menyita waktu. Kurangnya penggunaan teknik pembelajaran yang kreatif daninovatif oleh pendidik. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui aspek apa sajakah yang mempengaruhi peserta didik terhadap membaca teks cerpen kelas XI SMA Tamansiswa Bandung. 2) Untuk mengetahui apakah teknik tri fokus Steve Snyder meningkatkan kemampuan membaca teks cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Tamansiswa Bandung. 3) Untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan teknik tri fokus Steve Snyder pada peserta didik kelas XI SMA Tamansiswa Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan prates dan pascates. Jumlah peserta didik dari kedua kelas yang dijadikan sampel memiliki jumlah yang sama, jumlah sampel yang diteliti pada kelas eskperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak lima belas orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran mengevaluasi informasi teks cerpen dengan menggunakan teknik tri fokus Steve Snyder. Terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata prates dari 58,8 menjadi 87,2 pada pascates kelaseksperimen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 87,2 sedangkan kelas kontrol sebesar 65,5. Kata kunci : Tri fokus Steve Snyder, Membaca, Cerpen

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:27
Last Modified: 02 Sep 2024 08:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69691

Actions (login required)

View Item View Item