AULIA AFINA, 205040054 (2024) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GRAFFITI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Depan.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
|
Text
14. Daftar Isi.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran saat ini model menjadi upaya yang harus dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, dan menciptakan sistem yang mendukung dengan berbagai metode agar peserta didik dapat belajar dengan efektif dan efisien serta mencapai hasil yang optimal karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep yaitu diperlukannya strategi dan metode pembelajaran yang ditunjang oleh media pembelajaran. Berdasarkan solusi dari upaya tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe graffiti. Metode penelitian yang diterapkan yaitu pre-experimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Yang melibatkan 32 peserta didik dikelas X E3 di MAN 1 Kota Bandung sample ini diambil melalui teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu melalui wawancara. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test serta kuesioner. Penelitian ini menggunakan one sampel kelas eksperimen. Adapun hasil penelitian ini yaitu memperoleh N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,83 dengan rata-rata nilai pre-test 67,81 dan post-test 81,09. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh hasil sig. 2-tailed 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan cooperative learning tipe graffiti mampu meningkatkan penguasaan konsep pada materi perubahan lingkungan yang signifikan. Adapun hasil kuesioner persepsi siswa terhadap penguasaan konsep dan model pembelajaran cooperative learning tipe graffiti seluruhnya memperoleh persepsi siswa dengan persentase yang dikategorikan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative tipe graffiti. Kata kunci: cooperative learning, tipe graffiti, penguasaan konsep, model pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69688 |
Actions (login required)
View Item |