PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Pada Mata pelajaran PPKn Kelas X Di SMA Negeri 1 Indramayu dengan Quasi Eksperimen Pada Materi Kesadaran Akan Hak dan Kewajiban)

Amaliyah, Nurul,205010024 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Pada Mata pelajaran PPKn Kelas X Di SMA Negeri 1 Indramayu dengan Quasi Eksperimen Pada Materi Kesadaran Akan Hak dan Kewajiban). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak penggunaan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Pencapaian Hasil Belajar siswa SMA Negeri 1 Indramayu kelas X dan sampel kelas X.12 sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelompok kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain eksperimen Nonequivalent Group Pretest Postest. Bentuk desain eksperimen Nonequivalent Group Pretest Postest ini dengan memberikan perlakuan yang berbeda terhadap kelompok kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi sedangkan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen test dengan banyaknya soal pilihan ganda sebanyak 21 soal dan juga kuisioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol. Dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan analisis uji One Sample T Test dengan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pengaruh

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Aug 2024 04:20
Last Modified: 31 Aug 2024 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69667

Actions (login required)

View Item View Item