PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Shoffaariyah Rifiani, 205060212 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang penting harus dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah model pembelejaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berbantuan media canva dibanding dengan model pembelajaran konvensional. 2) mengetahui effect size model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. 3) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media canva dibanding dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model problem based learning dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan non tes berbentuk lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 27. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media canva terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dibanding dengan model pembelajaran konvensional, 2) effect size model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik cukup besar, 3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media canva dibanding dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: model problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, media canva

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:39
Last Modified: 29 Aug 2024 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69642

Actions (login required)

View Item View Item