PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI BERORIENTASI ISI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG

SAYIDAH ENDAH NUR, 205030046 (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI BERORIENTASI ISI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang dilatarbelakangi adanya kesulitan pada peserta didik dalam menulis teks resensi. Hal ini ditandai dengan sulitnya peserta didik dalam menuangkan atau mengembangkan bahasa tulis, ide dan gagasan pada penulisan isi teks resensi. Adanya kaitan dengan latar belakang telah diuraikan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pada perbedaan yang signifikan antara peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dan pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dalam menulis teks resensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperimental). Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group. Variabel pada penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa model problem based learning dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks resensi. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Pasundan 7 Bandung. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah telaah pustaka, uji coba, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil peroleh uji homogenitas yang telah dilakukan, data pascates kedua kelas menunjukkan nilai 0.062 yang artinya data tersebut >0.00, maka data pascates dari kedua kelas eksperimen dan kontrol ini dinyatakan berdistribusi sama atau homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji non-parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whitney u. Pada hasil perhitungan dari test statistic dari uji wilcoxon pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sama-sama memperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000 <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks resensi. Dalam hasil uji mann-whitney u pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengacu pada nilai pascates didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 <0.05. Dapat disimpulkan ada keefektifan hasil belajar peserta didik dalam keterampilan menulis teks resensi kelas eksperimen dengan menggunakan model problem based learning. Kata Kunci : menulis teks resensi, model problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:09
Last Modified: 29 Aug 2024 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69631

Actions (login required)

View Item View Item