PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cicayur Kabupaten Bandung)

FITRIAN, ALWAN A,205060067 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cicayur Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model problem based learning dalam pembelajaran PKN. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Cicayur 02. Keadaan siswa di kelas IV SDN Cicayur 02 yang tidak mendapatkan hasil belajar yang baik didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model problem based learning belum pernah dilaksanakan. Kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan pembelajaran melalui doel pembelajaran menyebabkan kurangnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Maka hal itulah yang menjadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen (Quasi Experiment). Sampel yang dipilih adalah kelas IVA sebagai kelas ekperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Tes terdiri dari pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t berdasarkan nilai pretest dan posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent t-test, menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas IVA (eksperimen) dan kelas IVB (kontrol), serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan uji effect size untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN Cicayur 02. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:18
Last Modified: 28 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69627

Actions (login required)

View Item View Item