PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Soleha, Lia Siti,205060087 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda dari mata pelajaran lainnya, yang menentukan strategi belajar mengajar yang harus disusun dan direncanakan oleh guru. Misalnya, matematika diajarkan secara bertahap dengan metode spiral. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa rendahnya numerasi matematika peserta didik di SDN 223 Bhakti Winaya terhadap mata pelajaran matematika membuat kegiatan pembelajaran kurang efektif. Pembelajaran yang tidak efektif dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Mengacu pada kemajuan teknologi zaman sekarang, manusia tidak lepas dari alat komunikasi, termasuk teknologi canggih yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik untuk proses pembelajaran. Salah satunya adalah aplikasi Quizizz. Platform ini dianggap sebagai alat online yang dapat meningkatkan kemampuan numerasi yang diterapkan oleh pendidik. Diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) yang berbantuan Quizizz ini, peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran, karena pembelajaran PJBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Serta menggunakan metode quasi eksperimen yang dimana desain penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas suatu intervensi atau perlakuan tertentu tanpa menggunakan randomisasi penuh dalam penentuan kelompok-kelompok penelitian. Dan berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Quizizz untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika kelas 2, terdapat peningkatan kemampuan numerasi matematika kelas 2C di SDN 223 Bhakti Winaya. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis non-parametrik (Man-Whitney test) yang mendapatkan nilai sig 0,000 menggunakan aplikasi SPSS Versi 27. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, apabila hasil uji Man-Whitney test < 0,05 maka hipotesis dinyatakan diterima. Dengan kata lain, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Quizizz untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika kelas 2 sekolah dasar diterima. Kata Kunci: Numerasi, Project Based Learning, Quizizz, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:01
Last Modified: 28 Aug 2024 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69626

Actions (login required)

View Item View Item