Soleha, Lia Siti,205060087 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (549kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda dari mata pelajaran lainnya, yang menentukan strategi belajar mengajar yang harus disusun dan direncanakan oleh guru. Misalnya, matematika diajarkan secara bertahap dengan metode spiral. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa rendahnya numerasi matematika peserta didik di SDN 223 Bhakti Winaya terhadap mata pelajaran matematika membuat kegiatan pembelajaran kurang efektif. Pembelajaran yang tidak efektif dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Mengacu pada kemajuan teknologi zaman sekarang, manusia tidak lepas dari alat komunikasi, termasuk teknologi canggih yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik untuk proses pembelajaran. Salah satunya adalah aplikasi Quizizz. Platform ini dianggap sebagai alat online yang dapat meningkatkan kemampuan numerasi yang diterapkan oleh pendidik. Diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) yang berbantuan Quizizz ini, peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran, karena pembelajaran PJBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Serta menggunakan metode quasi eksperimen yang dimana desain penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas suatu intervensi atau perlakuan tertentu tanpa menggunakan randomisasi penuh dalam penentuan kelompok-kelompok penelitian. Dan berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Quizizz untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika kelas 2, terdapat peningkatan kemampuan numerasi matematika kelas 2C di SDN 223 Bhakti Winaya. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis non-parametrik (Man-Whitney test) yang mendapatkan nilai sig 0,000 menggunakan aplikasi SPSS Versi 27. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, apabila hasil uji Man-Whitney test < 0,05 maka hipotesis dinyatakan diterima. Dengan kata lain, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Quizizz untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika kelas 2 sekolah dasar diterima. Kata Kunci: Numerasi, Project Based Learning, Quizizz, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69626 |
Actions (login required)
View Item |