PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ALPHABET SPINNER TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Kelas I SDN Bugel 01 Ciparay)

Firdaus, Annisaa,205060130 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA ALPHABET SPINNER TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Kelas I SDN Bugel 01 Ciparay). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN Bugel 01 Ciparay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media alphabet spinner terhadap kemampuan membaca permulaan pada peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN Bugel 01 Ciparay, dan sampel yang digunakan yaitu kelas 1-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 peserta didik dan kelas 1-B sebagai kelas kontrol sebanyak 25 peserta didik. dengan pemilihan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes dan non tes, tes yang digunakan berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media alphabet spinner memiliki perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai pretest kelas 1-A memiliki nilai rata-rata 45,61, sedangkan pada nilai posttest rataratanya 84.03. Pada kelas 1-B nilai rata-ratanya sebesar 44,28, sedangkan nilai posttest rata-ratanya sebesar 78,15. Berdasarkan pada hasil uji effect size yang diolah sebesar 1,00. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil kemampuan membaca permulaan pada peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berbantuan media alphabet spinner lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : alphabbet spinner, membaca Permulaan, tipe Picture and Picture

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:21
Last Modified: 28 Aug 2024 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69624

Actions (login required)

View Item View Item