IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI PILAR UTAMA DALAM MENGATASI KRISIS MORAL PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Kasus Kelas X di SMK Pasundan 3 Bandung)

Utami Rifa Fauziah, 205010018 (2024) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI PILAR UTAMA DALAM MENGATASI KRISIS MORAL PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Kasus Kelas X di SMK Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan rifa.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
7. BAB 4 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
9. DAKPUS.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai karakter religius sebagai pilar utama dalam mengatasi krisis moral peserta didik di lingkungan sekolah, khususnya di SMK Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan berbagai tindakan penurunan moral di kalangan peserta didik, seperti kurangnya disiplin, sikap tidak sopan terhadap guru, serta penyalahgunaan gadget yang berujung pada ketidaksiapan menghadapi perkembangan zaman. Faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah kurangnya penerapan pendidikan karakter. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya pendidikan karakter, khususnya nilai religius dalam membentuk karakter peserta didik. Nilai religius mencakup perilaku beriman, bertakwa, patuh pada ajaran agama, toleransi, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Melalui metode pembiasaan dan pendekatan yang dilakukan oleh guru, peserta didik dapat diperkenalkan dan dibiasakan untuk menerapkan sifat-sifat terpuji dan perilaku baik (2) Dalam menjalankan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), komponen sekolah, termasuk guru, kepala sekolah, dan tenaga pendidik lainnya, memiliki peranan penting dalam setiap aspek pembentukan karakter peserta didik (3) Implementasi nilai religius dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dapat dilihat dari proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dengan memasukkan nilai-nilai religius dalam perangkat pembelajaran dan membiasakan kebiasaan-kebiasaan religius dari awal hingga akhir pembelajaran. Temuan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi pengembangan karakter religius dan mampu mencegah krisis moral di kalangan peserta didik. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Religius, Krisis Moral, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:44
Last Modified: 28 Aug 2024 03:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69617

Actions (login required)

View Item View Item