PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen di SMA BPPI Baleendah)

Nurholifah Diva, 205010028 (2024) PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Quasi Eksperimen di SMA BPPI Baleendah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover-2.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan Diva.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model self directed learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini didasarkan atas tiga rumusan masalah yaitu 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar peserta didik yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang menggunakan metode Self-Directed Learning dengan yang tidak mengikutinya? 2) Bagaimana efektivitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar? 3) Sejauhmana tanggapan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model SelfDirected Learning? Pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Data-data diperoleh melalui kuesioner dan tes dan teknik analisis pengujian data menggunakan SPSS versi 26.0 Peneliti mengungkap bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dilihat dari hasil analisis peneliti 2) Efektivitas model pembelajaran self directed learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik 3) Tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran yang diberikan memperoleh respon positif dari peserta didik karena hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Meningkatnya hasil belajar peserta didik bukan semata-mata langsung meningkat, karena hal tersebut disebabkan oleh rencana pembelajaran yang dibuat oleh peserta didik sehingga peserta didik mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik tersebut. Kata Kunci: Self Directed Learning, Hasil Belajar Peserta didik, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:23
Last Modified: 28 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69608

Actions (login required)

View Item View Item