PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS

MAKNUN, KEN AYU RAHMAH LULU,205060140 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena yang terjadi C mengenai kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV yang masih rendah. Beradsarkan hasil observasi, peserta didik menganggap bahwa metode pengajaran yang digunakan oleh guru cenderung klasik dan kurang menarik, menyebabkan suasana pembelajaran menjadi monoton sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang terlatih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen Design). Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,031 < 0,05. Selanjutnya uji effect size mendapatkan hasil sebesar 5.1 dengan kategori 5,1 > 0,8 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap peserta didik yang menggunakan model problem based learning terhadap berpikir kritis pembelajaran IPAS. Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:18
Last Modified: 28 Aug 2024 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69604

Actions (login required)

View Item View Item