Shaumi Annisa Nur Fitria, 205010010 (2024) PERAN PEMBELAJARAN PPKN DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK (Analisis Deskriptif Kelas XI di SMA Negeri 2 Padalarang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover shaumi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan Shaumi.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak shaumi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 1 shaumi.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 2 shaumi.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text
6. BAB 3 shaumi.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
7. BAB 4 shaumi.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
||
Text
8. BAB 5 shaumi.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka shaumi.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran PPKn dalam upaya membentuk karakter disiplin pada peserta didik. Penelitian ini didasarkan atas tiga rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PKn untuk membentuk karakter disiplin pada peserta didik? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PKn untuk membentuk karakter disiplin pada peserta didik? 3) Bagaimana hambatan dan solusi yang muncul dari proses pembentukan karakter disiplin pada peserta didik dalam pembelajaran PKn? Pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data-data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti mengungkap bahwa 1) Peran pembelajaran PPKn dalam membentuk karakter disiplin ini dapat dilakukan dengan cara membuat strategi pembelajaran yang baik mulai dari modul ajar yang tersusun, penyesuaian metode dengan kondisi kelas, adanya keteladanan dari guru PPKn, dan pemberian motivasi 2) Kondisi kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 2 Padalarang sudah cukup baik. Pelanggaran yang terjadi akan diikuti dengan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku terutama pada saat pembelajaran PPKn berlangsung. 3) Kendala yang dihadapi terlihat dari beberapa faktor seperti usia peserta didik yang berada pada tahap remaja, belum adanya kesadaran pada diri sehingga mereka bersikap acuh, dan adanya pengaruh dari luar lingkungan yang bersifat negatif. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menumbuhkan sikap disiplin mulai dari hal-hal terkecil sehingga terbiasa melakukan tindakan disiplin sehari-hari. Selain itu, semua pihak mulai dari kepala sekolah, kesiswaa, guru PPKn, guru mata pelajaran lain, serta orang tua/wali peserta didik harus terlibat dan bekerja sama dalam meningkatkan kedisiplinan. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Pembelajaran PPKn, Smart and Good Citizenship
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:03 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69602 |
Actions (login required)
View Item |