PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian Eksperimen di SMA Kartika XIX-I Bandung Kelas X)

Mulya Destria Anugrah, 205010004 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian Eksperimen di SMA Kartika XIX-I Bandung Kelas X). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Dedes.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I-1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II-2.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
7. BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
8. BAB V-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (303kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model PBL dan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan menggunakan uji-t untuk membandingkan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan model PBL dan yang diajar dengan metode konvensional. Peserta didik yang belajar dengan model PBL menunjukkan peningkatan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn. Temuan ini memberikan implikasi bahwa penerapan model PBL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan PKn. Disarankan kepada para pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan model PBL dalam proses pembelajaran guna meningkatkan keterlibatan aktif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu, penelitian lanjutan dianjurkan untuk mengeksplorasi pengaruh model PBL pada berbagai mata pelajaran yang berbeda guna memperluas generalisasi penelitian ini. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran, PPKn, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:59
Last Modified: 28 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69601

Actions (login required)

View Item View Item