PRATIWI NABIILA PUTRI, 205020060 (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Sumatra 40 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover-3.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN .pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Dilatarbelakangi dengan kurangnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) perbedaan kreativitas siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning pada kelas eksperimn (PJBL), (ii) perbedaan kreativitas siswa sebelum dan sesudah meggunakan model Problem Based Learning pada kelas kontrol (PJBL), (iii) peningkatan kreativitas siswa setelah menggunakan model Project Based Learning (PJBL) di kelas eksperimen dan model Problem Based Learning (PBL) di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dengan jumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 dengan jumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni soal tes sebanyak 10 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukan:(i) terdapat perbedaan kreativitas siswa kelas eksperimen dengan hasil pretest 50,63 dan hasil posttest 78,46, (ii) terdapat perbedaan kreativitas siswa kelas kontrol yaitu hasil pretest 46,77 dan hasil posttest 60,60, (iii) peningkatan yang diperoleh kreativitas siswa kelas eksperimen dengan mean 27,83 lebih dari peningkatan kreativitas siswa kelas kontrol 13,83. Penulis menyampaikan kesimpulkan bahwa model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan kreativitas siswa (Y) pada kelas X IPA 1 tahun ajaran 2023/2024 di SMA Sumatra 40 Bandung. Peneliti merekomendasikan model Project Based Learning sebaiknya dijadikan salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PJBL), Kreativitas siswa, Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69593 |
Actions (login required)
View Item |