MAHMUD PURWANTI AINUN, 205040014 (2024) MEMBANGUN KETERAMPILAN BERSIKAP FOKUS DALAM MENCARI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK DENGAN PEMANFAATAN ENSIKLOPEDIA ONLINE WIKIPEDIA (EOW) (Pengembangan Indikator ke-1 Digital Habits of Mind). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
13.BAB II.pdf Download (855kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan bersikap fokus sangat penting untuk mencari sebuah informasi. Saat ini informasi sangat mudah didapatkan, terutama mencari sebuah informasi secara digital, namun banyak informasi yang kurang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Ensiklopedi Online Wikipedia (EOW) untuk membangun keterampilan bersikap fokus dalam mencari Informasi, serta meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran Biologi materi Sistem Indra. Penelitian ini melibatkan 29 peserta didik XI MIPA 3 SMA Pasundan 1 Bandung. Penelaahan terhadap sub-indikator bersikap fokus dalam mencari informasi digital dilakukan dengan pengamatan dan penskoran pada instrumen lembar pengamatan dengan desain One Shot Case Study, sedangkan metode yang digunakan untuk menelaah penguasaan konsep peserta didik adalah Pre-Eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design, menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata bersikap fokus dalam mencari informasi digital peserta didik mencapai 72%, termasuk ke dalam kategori baik. Penelaahan penguasaan konsep menunjukkan skor rata-rata pretest 51,55, dan postest 76,38, sehingga skor peningkatan rata-rata (Gain) 24,83 dengan indeks peningkatan pengetahuan (NGain) didominasi kategorisedang (83%). Terdapat korelasi yang signifikan sedang antara kemunculan indikator keterampilanbersikap fokus dengan pengetahuan konsep peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Ensiklopedi Wikipedia Online (EOW) efektif dalam membangun keterampilan bersikap fokus dalam mencari informasi digital, serta meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran Biologi materi Sistem Indra. Kata Kunci: Bersikap fokus, Ensikolopedi Wikipedia Online (EOW), Materi sistem indra.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69583 |
Actions (login required)
View Item |