PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari Tahun Ajaran 2023/2024)

SOLEHHUDIN DINDIN, 205020055 (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON DAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada peserta didik SMA Kemala Bhayangkari. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS I kelas eksperimen I menggunakan model STAD, kelas eksperimen II menggunakan model JIGSAW. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, pretest dan posttest untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model STAD dan model JIGSAW dimana hasil penerapan model pembelajaran STAD memiliki hasil N-Gain 51,67 dengan peningkatan 22,50. Sedangkan kelas yang menggunakan model JIGSAW memiliki hasil N-Gain 46,41 dengan peningkatan 20,87. Akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada: (i) bagi guru, lebih kreatif lagi dalam penerapan model pembelajaran sehingga dapat membantu siswa dalam hasil belajar , (ii) bagi siswa, agar dapat lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran, (iii) bagi orang tua, mendukung hasil belajar anak melalui model STAD dan JIGSAW (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dalam perbandingan hasil belajar menggunakan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division dan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Kata kunci: Model Cooperative Stundent Team Achievement Division, Jigsaw, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:30
Last Modified: 28 Aug 2024 01:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69581

Actions (login required)

View Item View Item