PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN E-MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NOVIANTI RIZKITA, 205040005 (2024) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN E-MODUL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tantangan pendidik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan mengarahkan pembelajaaran pada pemecahan masalah yang didukung model pembelajaran dan pemilihan media yang sesuai perkembangan era digital sangat penting. Penelitian bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran recipocal teaching berbantuan E-modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain Nonequivalentacontrol groupidesign. Instrumen tes berupa essay dan non-tes berupa angket respon. Pada kelas eksperimen menggunakan model reciprocal teaching yang berbantuan E-modul dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran PBL (Problem based learning). Hasil penelitian memperoleh Ngain pada kelas eksperimen sebesar 0,58 sedangkan pada kelas kontrol 0,45. Berdasarkan hasil analisis statistik pada taraf signifikasi 0,05 menunjukan 0,007 sehingga hipotesis diterima yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Adapun hasil angket peserta didik memiliki respon positif dengan kategori baik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukan terdapat efektifitas model reciprocal teaching seperti berdiskusi, membuat pertanyaan, menjelaskan materi, klasifikasi, pemberian soal dan menyimpulkan materi mampu meningkatakan kemampuan berpikir kreatif seperti aspek berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir Orisinal (originality) dan berpikir terperinci (elaboration). Dengan temuan penelitian adalah penggunaan bahan ajar yang bersifat digital yang mengarahkan pada kegiatan kemampuan berpikir kreatif. Maka pengggunaan model reciprocal teaching berbantuan E-modul berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, E-modul, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:09
Last Modified: 22 Aug 2024 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69566

Actions (login required)

View Item View Item