PENGARUH KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI di SMA Negeri 16 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

DESTRIANI, ANGGIH,205020006 (2024) PENGARUH KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI di SMA Negeri 16 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar seharusnya berorientasi pada keberhasilan untuk memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif. Namun, pada saat pelaksanaannya tidak semua peserta didik terlibat secara aktif dan bersemangat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, yang menyebabkan proses pembelajaran tersebut kurang efektif disebebkan oleh rendahnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara konsep diri dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (i) konsep diri memiliki pengaruh terhadap minat belajar ekonomi sebesar 11,5% secara efektif dan 28,9% secara relatif, (ii) lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap minat belajar ekonomi sebesar 29,4% secara efektif dan 71,9% secara relatif, (iii) konsep diri dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar sebesar 40,9% sedangkan sisanya sebesar 59,1% yaitu dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Minat belajar harus lebih ditingkatkan dengan cara fokus pada pengembangan konsep diri yang positif seperti meningkatkan kepercayaan diri dan tanggung jawab terhadap proses belajar. Memanfaatkan lingkungan belajar yang mendukung di rumah dengan mengatur waktu belajar secara konsisten dan mencari bantuan saat menghadapi kesulitan. Komunikasi terbuka dengan orang tua juga penting untuk mendapatkan dukungan emosional dan akademik yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar. Kata Kunci: Konsep Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Aug 2024 06:32
Last Modified: 10 Aug 2024 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69510

Actions (login required)

View Item View Item