PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT

KHODIJAH, AMBAR SITI,205050006 (2024) PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Matematika pasti menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang memahami dan menggunakan dasar matematika untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, belajar matematika memerlukan kemampuan pemecahan masalah untuk membantu siswa memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusi. Siswa juga harus memiliki keyakinan diri atau Self-efficacy untuk mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Kahoot. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control grup. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 12 Bandung tahun ajaran 2023-2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling menggunakan dua kelas dengan jumlah sampel 54 siswa, diantaranya 27 siswa XI 4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model Problem-Based Learning berbantuan kahoot dan 27 siswa kelas XI 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Problem-Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:16
Last Modified: 09 Aug 2024 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69504

Actions (login required)

View Item View Item