KHODIJAH, AMBAR SITI,205050006 (2024) PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
Matematika pasti menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang memahami dan menggunakan dasar matematika untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, belajar matematika memerlukan kemampuan pemecahan masalah untuk membantu siswa memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusi. Siswa juga harus memiliki keyakinan diri atau Self-efficacy untuk mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Kahoot. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control grup. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 12 Bandung tahun ajaran 2023-2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling menggunakan dua kelas dengan jumlah sampel 54 siswa, diantaranya 27 siswa XI 4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model Problem-Based Learning berbantuan kahoot dan 27 siswa kelas XI 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Kahoot. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Problem-Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:16 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69504 |
Actions (login required)
View Item |