PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL

KHOERUNNISSA DESTIAN, 205050019 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa. Dengan memiliki kemampuan komunikasi metematis siswa dapat meyatakan permasalahan sehari-hari kedalam bentuk matematika berupa simbol serta dapat mengeneralisasi dan membuat pernyataan. Untuk dapat mengomunikasikan ide matematis diperlukan keyakinan yang dimiliki oleh siswa. Kemampuan ini termasuk dalam ranah afektif yaitu self-efficacy. Karena siswa yang yakin akan kemampuan dirinya diharapkan kemampuan berkomunikasinya pun akan baik. Namun, pada kenyataannya kemampuan komunikasi dan selfefficacy siswa masih tergolong rendah. Unuk meningkatkan kedua aspek tersebut diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Model Discovery Learning dipandang cocok digunakan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mengorganisasi sendiri cara belajarnya guna menemukan konsep, karena dalam model Discovery Learning tidak menyajikan konsep yang sudah berbentuk final. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (3) Mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 65 Bandung. Sampel pada penelitian terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian mengenai kemampuan komunikasi matematis dan angket selfefficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovey Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy, Model Discovery Learning, Aplikasi Wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:34
Last Modified: 06 Aug 2024 07:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69472

Actions (login required)

View Item View Item