KHOERUNNISSA DESTIAN, 205050019 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki siswa. Dengan memiliki kemampuan komunikasi metematis siswa dapat meyatakan permasalahan sehari-hari kedalam bentuk matematika berupa simbol serta dapat mengeneralisasi dan membuat pernyataan. Untuk dapat mengomunikasikan ide matematis diperlukan keyakinan yang dimiliki oleh siswa. Kemampuan ini termasuk dalam ranah afektif yaitu self-efficacy. Karena siswa yang yakin akan kemampuan dirinya diharapkan kemampuan berkomunikasinya pun akan baik. Namun, pada kenyataannya kemampuan komunikasi dan selfefficacy siswa masih tergolong rendah. Unuk meningkatkan kedua aspek tersebut diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Model Discovery Learning dipandang cocok digunakan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mengorganisasi sendiri cara belajarnya guna menemukan konsep, karena dalam model Discovery Learning tidak menyajikan konsep yang sudah berbentuk final. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (3) Mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning dengan berbantuan Wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 65 Bandung. Sampel pada penelitian terdiri dari 2 kelas. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian mengenai kemampuan komunikasi matematis dan angket selfefficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovey Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. (3) Terdapat korelasi positif antara peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan Wordwall. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy, Model Discovery Learning, Aplikasi Wordwall.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69472 |
Actions (login required)
View Item |