NUR’AINI, DEVI AGUSTINA (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MATHIGON (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas III SD Mathla’ul Khoeriyah). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung siswa sekolah dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektik pendekatan dan media pembelajaran ini untuk diterapkan para peserta didik yang belajar berhitung pecahan pada siswa kelas III di SD Mathlaul Khoeriyah, Tamansari Kota Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas IV menunjukkan bahwa kemampuan berhitung siswa pada materi tema 2 “Menyayangi Tumbuhan dan Hewan” subtema 2 “Menyayangi Hewan” masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berhitung pecahan dengan menggunakan aplikasi Mathigon”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Mathlaul Khoeriyah dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diberikan pada saat pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 66,00 dan rata-rata posttest sebesar 79,23. Sedangkan, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 63,00 dan rata-rata posttest sebesar 57,31. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,017 yang berarti lebih dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar yang terlihat dari peningkatan peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Berhitung.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Aug 2024 07:51 |
Last Modified: | 03 Aug 2024 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69463 |
Actions (login required)
View Item |