PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)

Hernawati Nurfi, 205020036 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA 1 SMA Pasundan 2 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Inquiry Learning pada materi menganalisis alat pembayaran mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 2 Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Pasundan 2 Bandung, tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dimana pada kelas eksperimen skor pretest yaitu 42,07 dan skor posttest yaitu 81,33, sedangkan pada kelas kontrol skor pretest yaitu 45,12 dan skor posttest yaitu 56,68. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis dengan pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang artinya hipotesis yang berbunyi terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Learning pada materi menganalisis alat pembayaran mata pelajaran ekonomi meningkat sebesar 33,26. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru alangkah baiknya untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Bagi pihak sekolah diharapkan meningkatkan fasilitas penunjang pembelajaran. Bagi siswa diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:22
Last Modified: 01 Aug 2024 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69447

Actions (login required)

View Item View Item