ANJANI FUJI LESTARI, 205030085 (2024) PENERAPAN METODE SHOW DON’T TELL BERBANTUAN MEDIA GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 3 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (742kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (627kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis pada pembelajaran menulis cerpen. Rendahnya kemampuan menulis cerpen pada peserta didik disebabkan oleh sulitnya mengembangkan sebuah ide cerita dan pemilihan kata dan bahasa yang tepat dalam menulis cerpen. Hasil belajar pada peserta didik berdampak pada kemampuan menulis cerpen. Maka, peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode Show Don’t Tell berbantuan media Google Sites. Tujuan penelitian dilakukan untuk menguji keefektifan metode Show Don’t Tell berbantuan media Google Sites dalam pembelajaran menulis cerpen dan mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode Show Don’t Tell berbantuan media Google Sites dengan peserta didik menggunakan metode diskusi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat peneliti simpulkan bahwa peneliti telah mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis cerpen. Hal itu, dapat dibuktikan pada kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen. Rata-rata prates yang diperoleh kelas ekperimen sebesar 75.48 menjadi 87.04 pada pascates kelas eksperimen. Rata-rata prates yang diperoleh kelas kontrol sebesar 61.04 menjadi 79 pada pascates kelas kontrol. Terdapat perbedaan signitifikan pada hasil belajar kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen. Hasil tersebut, dapat dibuktikan dengan uji statistik, uji Mann Whitney. Hasil uji sig. dari uji statistik tersebut adalah 0003 < 0.05. Dengan demikian, pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode Show Don’t Tell berbantuan media Google Sites efektif digunakan dan dilaksanakan dengan baik. Kata kunci: menulis cerpen, metode Show Don’t Tell, media Google Sites
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:31 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69418 |
Actions (login required)
View Item |