PUJAWATI FITRI, 205060190 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SD di Kota Bandung mengenai rendahnya pemahaman konsep IPAS kelas IV SDN 146 Gumuruh. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran. Sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Oleh karena itu pentingnya model dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti memandang penting model dan media pembelajaran, salah satunya model Project based learning berbantuan media Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project based learning berbantuan media Canva terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen dalam penelitian ini termasuk ke dalam eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 146 Gumuruh yang berjumlah 76 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yaitu instrumen tes objektif berupa pilihan ganda yang berjumlah 15 soal dan observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji non parametric mann-whitney, dan uji effect size berbantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Project based learning berbantuan media Canva terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan uji mann-whitney dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,5 kategori ho diterima, dan dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV SD. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Project based learning berbantuan media Canva berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas IV SDN 146 Gumuruh dengan skor 0,30 dalam kategori rendah. Kata Kunci: Model Project based learning, Canva, Pemahaman konsep IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:56 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 04:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69415 |
Actions (login required)
View Item |