PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD

Linggar Dwi, 205060089 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentung nya hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada kelas IV di SDN 131 Cijawura Kota Bandung tahun ajaran 2023/2024. Sehingga peserta didik mampu untuk menyelesaikan permasalahan matematika ini memiliki hubungan erat dnegan bidang ilmu yang lain, serta memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika peserta didik ini rendah. Oleh karena itu, Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD”. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 131 Cijawura sebanyak 56 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas IV A 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 28 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dalam pembelajaran matematika kelas IV nilai rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 53,21, posttest kelas eksperimen nilai posttest yaitu 72,68. Untuk kelas kontrol rata-rata nilai pretest 26.79 nilai posttest yaitu 42.50. uji normalitas sebelum dan sesudah (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen dan kontrol diperolah nilai Shapiro-Wilk pada pretest kelas eksperimen yaitu 0,033 lalu pada posttest kelas eksperimen yaitu 0,098. Sedangkan signifikan nilai pretest kelas kelas kontrol 0,018 dan posttest 0,017 maka sesuai dengan kriteria uji atau ketentuan jika nilai signifikan pada Shapiro-Wilk > 0,05 data dikatakan bisa berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas pretest eksperimen dan kontrol sebesar 0,093, dan posttest 0,0978, untuk uji hipotesis yang pertama yaitu untuk mengetahui peningkatan pada kelas eksperimen adalah 53% dan kelas kontrol -29% maka H1 diterima karena hasil menunjukan N-gain pada kelas eksperimen lebih besar. Untuk uji hipotesis kedua menggunakan uji T independent pada preteset dan posttest kelas eksperimen > 0,001 maka Ho ditolak Artinya bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variable dependen, dan untuk uji effect sizes pada Point Estimate Cohen's d dengan hasil 0.630 yang diartikan bahwa effect sizes memiliki pengaruh . Kata Kunci: Hasil belajar, Model Discovery Learning, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:57
Last Modified: 19 Jul 2024 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69341

Actions (login required)

View Item View Item