PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V di SDN 119 Cijagra Kota Bandung

KURIKE R NININ, 205060098 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V di SDN 119 Cijagra Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan -1-2.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan pengaruh model Problem Based Lerning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas. Permasalahan yang dialami oleh peserta didik khususnya pada kelas V masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS Bab 5 Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh dengan Topik B Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimen. Sampel dan populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VA dan VB sebanyak 59 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pretest, Posttest dan lembar observasi guru dan peserta didik. Teknis analisis data menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji Independent Sampel Test dan uji Effect Size. Sedangkan hasil uji hipotesis yang diperoleh dari uji Independent Sampel Test bahwa signifikansi 0,001 berdasarkan pada tabel descriptive statistic nilai rata-rata pada Posttest kelas eksperimen sebesar 87.66, sedangkan rata-rata pada Posttest kelas kontrol sebesar 79.10. Berdasarkan uji Independent Sampel Test menunjukan bahwa angka 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima serta dari hasil uji Effcet Size sebesar 0,96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS di kelas VA yang diberikan perlakuan pembelajaran model Problem Based Learning dan kelas VB dengan pemberian perlakuan pembelajaran model Direct Instruction. Adapun nilai dari uji Effcet Size sebesar 0,96 termasuk kedalam kategori efek sedang pada model Problem Based Learning berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:42
Last Modified: 18 Jul 2024 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69338

Actions (login required)

View Item View Item