PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 020 Lengkong Besar)

RUWANA YOLAN, 205060169 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 020 Lengkong Besar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ialah rendahnya kemampuan kognitif peserta didik di SD Negeri 020 Lengkong Besar Bandung. Penelitian mempunyai tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik terhadap pembelajaran IPAS. Pada penelitian memakai pendekatan kuantitatif, desain studi yaitu memakai kuasi eksperimen (quasi eksperimen design). Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil studi, kelas eksperimen dengan rata-rata skor pretest peserta didik sebesar 67,77 dengan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 85,55. Sedangkan kelas kontrol, rata-rata skor pretest peserta didik yaitu 67,55 dan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 77,55. Hasil uji perhitungan kelas eksperimen dan kelas kontrol, disimpulkan nilai posttest lebih besar daripada nilai pretest, artinya yaitu kemampuan kognitif peserta didik mengalami kenaikan. Peneliti menggunakan uji independent sample t-test dalam mencari pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif terhadap pembelajaran IPAS sekolah dasar. Diketahui nilai t hitung sebesar 5,813 mempunyai sig sebesar 0,000 < 0,05, berarti ada pengaruh secara signifikan pada kemampuan kognitif peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, peneliti menyimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif terhadap pembelajaran IPAS sekolah dasar. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:10
Last Modified: 18 Jul 2024 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69334

Actions (login required)

View Item View Item