RUWANA YOLAN, 205060169 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 020 Lengkong Besar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ialah rendahnya kemampuan kognitif peserta didik di SD Negeri 020 Lengkong Besar Bandung. Penelitian mempunyai tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik terhadap pembelajaran IPAS. Pada penelitian memakai pendekatan kuantitatif, desain studi yaitu memakai kuasi eksperimen (quasi eksperimen design). Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Berdasarkan hasil studi, kelas eksperimen dengan rata-rata skor pretest peserta didik sebesar 67,77 dengan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 85,55. Sedangkan kelas kontrol, rata-rata skor pretest peserta didik yaitu 67,55 dan rata-rata skor posttest peserta didik yaitu 77,55. Hasil uji perhitungan kelas eksperimen dan kelas kontrol, disimpulkan nilai posttest lebih besar daripada nilai pretest, artinya yaitu kemampuan kognitif peserta didik mengalami kenaikan. Peneliti menggunakan uji independent sample t-test dalam mencari pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif terhadap pembelajaran IPAS sekolah dasar. Diketahui nilai t hitung sebesar 5,813 mempunyai sig sebesar 0,000 < 0,05, berarti ada pengaruh secara signifikan pada kemampuan kognitif peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan yang ditentukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, peneliti menyimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif terhadap pembelajaran IPAS sekolah dasar. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 07:10 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69334 |
Actions (login required)
View Item |