PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

SEPTIANI TIRA, 205060014 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (948kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik pada kelas V SDN 032 Tilil. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan dari model Problem Based Learning berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V di SDN 032 Tilil Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimental tipe non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 032 Tilil sebanyak 112 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V C sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Dari hasil uji independen sample t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji gain ternormalisasi pada kelas eksperimen V C menghasilkann nilai sebesar 0,33, pada kelas kontrol V B menghasilkan nilai sebesar 0,06 artinya pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional peningkatan hasil belajar rendah. Berdasarkan uji effect size menghasilkan nilai sebesar 1,07 artinya bahwa model problem based learning berbantun quizizz ini memiliki pengaruh sangat besar hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS di SDN 032 Tilil. Kata Kunci : Problem Based Learning, Quizizz, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:40
Last Modified: 18 Jul 2024 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69333

Actions (login required)

View Item View Item