CHINTIA ANNISA, 205060164 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SDN 020 Lengkong Besar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Peneltian ini dilatar belakangi oleh minat belajar siswa kelas V masih kurang, hal ini menandakan siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media aplikasi Assemblr Edu terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen yang diukur dengan pretest dan posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 020 Lengkong Besar terdiri dari 46 siswa. Sampel penelitian ini yaitu dua kelompok, sebagai kelas eskperimen di kelas V B sebanyak 23 siswa dan kelas V A sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji stastistik descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji-T, uji effect size dan uji regresi linear sederhana pada SPSS 27. Hasil penelitian uji statistik descriptive pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 82,00% sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78,65% artinya analisis pada kelas eksperimen lebih besar dan meningkat dengan diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media aplikasi Assemblr Edu. Uji normalitas kelas eksperimen sebesar 0,437 dan posttest 0,819, nilai signifikan pretest pada kelas kontrol sebesar 0,341, dan signifikansi posttest pada kelas kontrol sebesar 0,361 yang menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,714 sebagai uji keputusan sig > 0,05 berarti bahwa penelitian ini homogen. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji effect size diperoleh sebesar 1,462 artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Assemblr Edu terhadap minat belajar IPAS. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Aplikasi Assemblr Edu, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:08 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69325 |
Actions (login required)
View Item |