PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SDN 020 Lengkong Besar)

CHINTIA ANNISA, 205060164 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SDN 020 Lengkong Besar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peneltian ini dilatar belakangi oleh minat belajar siswa kelas V masih kurang, hal ini menandakan siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media aplikasi Assemblr Edu terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V Sekolah Dasar menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen yang diukur dengan pretest dan posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 020 Lengkong Besar terdiri dari 46 siswa. Sampel penelitian ini yaitu dua kelompok, sebagai kelas eskperimen di kelas V B sebanyak 23 siswa dan kelas V A sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji stastistik descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji-T, uji effect size dan uji regresi linear sederhana pada SPSS 27. Hasil penelitian uji statistik descriptive pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 82,00% sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78,65% artinya analisis pada kelas eksperimen lebih besar dan meningkat dengan diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media aplikasi Assemblr Edu. Uji normalitas kelas eksperimen sebesar 0,437 dan posttest 0,819, nilai signifikan pretest pada kelas kontrol sebesar 0,341, dan signifikansi posttest pada kelas kontrol sebesar 0,361 yang menyatakan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,714 sebagai uji keputusan sig > 0,05 berarti bahwa penelitian ini homogen. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji effect size diperoleh sebesar 1,462 artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Assemblr Edu terhadap minat belajar IPAS. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Aplikasi Assemblr Edu, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:08
Last Modified: 17 Jul 2024 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69325

Actions (login required)

View Item View Item