PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PETAK PERSEGI SATUAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

CAHYANA SALSYA, 205060090 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PETAK PERSEGI SATUAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI SALSYA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (509kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa di SDN 223 Bhakti Winaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran proses pembelajaran siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media petak persegi satuan; (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media petak persegi satuan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; (3) Mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media petak persegi satuan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas III di SDN 223 Bhakti Winaya. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa dengan jumlah 25 siswa pada kelas III A dan 25 siswa pada kelas III B. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis setelah di uji cobakan dinyatakan memenuhi ketentuan yang andal. Berdasarkan pengolahan data dan analisisnya diperoleh hasil: (1) Gambaran proses pembelajaran sudah dinyatakan baik dan sesuai dengan tahapan model discovery learning; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan media petak persegi satuan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; (3) Model discovery learning berbantuan media petak persegi satuan berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SD. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Petak Persegi Satuan, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:54
Last Modified: 17 Jul 2024 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69323

Actions (login required)

View Item View Item