Ningtias Auliyah Indah, 205060129 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Metode Quasi Eksperimen Kelas IV SDN 149 Cigadung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses, perbedaan rata-rata dan seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian ini yaitu quasi exsperimental design. Subjek penelitian ini yaitu SDN 149 Cigadung dan objek penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yang terbagi ke dalam 2. Teknik penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol dengan jumlah peserta didik setiap kelas berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest serta non tes yang terdiri dari observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu melakukan uji validitas, uji realinilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, uji normalitas, homogenitas, hipotesis, effect size. Hasil penelitian pada gambaran proses terlihat dari perbedaan tingkah laku peserta didik berdasarkan lembar observasi peserta didik kelas eskperimen dan kontrol. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai mean pretest kelas eksperimen 56,61 dan posttest 78,39 dengan standar deviasi 12,476 sedangkan nilai mean pretest kelas kontrol 55,18 dan posttest 70,00 dengan standar deviasi 15,694. Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dengan model konvensional yaitu sebesar 0,592, model pembelajaran problem based learning berpengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS di SD Negeri 149 Cigadung. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Media Audio Visual.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:58 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69316 |
Actions (login required)
View Item |