DESTARI MAYA, 205060013 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas V SDN 042 Gambir). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh stategi pembelajaran yang kurang tepat terlalu berpusat pada pendidik, banyak sekali siswa yang malas belajar, penggunaan model serta media yang kurang tepat membuat siswa kurang efektif dalam belajar. Hal ini dibuktikan degan rendahnya hasil belajar IPAS kelas V SDN 042 Gambir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar IPAS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas V SDN 042 Gambir. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V C sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Kedua kelas tersebut diberikan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji independen sample t test (Uji T) dengan bantuan aplikasi SPSS 27, didapat hasil nilai sig, (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05. Hasil uji gain ternormalisasi sebesar 0,57% pada kelas eksperimen dan 0,38% pada kelas kontrol. Hasil uji Effect size diperoleh nilai sebesar 1,01. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz dengan kelas konvensional dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi di kelas model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz, dan model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Quizizz, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:39 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69312 |
Actions (login required)
View Item |