PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 100 CIPEDES

Syahdiah, Resty Hana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 100 CIPEDES. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGUJI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 100 Cipedes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 100 Cipedes yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan peneliti menggunakan teknik analisis data dengan uji instrument, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji-T). Hasil Analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA kelas IV pada peserta didik kelas IV SDN 100 Cipedes. Hal ini terbukti dari hasil Independent Sample T-Test bahwa nilai Sig. Levene’s Test For Equality of Variances sebesar 0.545, dan tabel output menunjukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka sebagaimana dalam dasar pengambilan keputusan uji hipotesis Independent Sample T-Test menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa model Problem Based Learning berbantuan media video animasi berpengaruh pada hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 100 Cipedes. Kata kunci: Model PBL, Media Video Animasi, Hasil Belajar IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:28
Last Modified: 15 Jul 2024 08:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69305

Actions (login required)

View Item View Item