PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CAFÉ POLARIS 45

Noorrahman, MD. Fadlilah (2024) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CAFÉ POLARIS 45. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (14kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (181kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)

Abstract

Polaris 45 merupakan sebuah coffee shop yang berdiri sejak tahun 2020. Café tersebut terletak di Cipageran, Cimahi Utara. Uniknya, coffee shop ini mampu berkembang dan bersaing pada saat masa pandemi. Latar belakang masalah dari penelitian ini ialah maraknya persaingan bisnis di bidang kuliner. Kopi merupakan sebuah minuman yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan menjamurnya kedai kopi saat ini sehingga perlu dilakukannya analisis strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing. Sehubungan dengan itu, tujuan dari penelitian ini ialah 1) menguraikan gambaran umum café Polaris 45, 2) menguraikan pelaksanaan dari strategi pemasaran dan keunggulan bersaing, 3) menguraikan besaran pengaruh strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing pada café Polaris 45, 4) menguraikan hambatan dan upaya untuk menghadapi strategi pemasaran dan keunggulan bersaing pada café Polaris 45. Data penelitian ini diperoleh dari strategi pemasaran café Polaris 45. Di samping itu, Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, serta data sekunder lainnya. Sehubungan dengan itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas instrumen, uji realibilitas instrumen, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polaris 45 telah melakukan strategi pemasaran dengan menerapkan segmenting, targeting, dan positioning. Sehubungan dengan itu, terdapat pengaruh strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing pada Polaris 45 sebesar 60,8%. Dengan demikian, strategi pemasaran dan keunggulan bersaing Polaris 45 bernilai baik. Di samping itu terdapat hambatan yang dialami Polaris 45, yakni permasalahan harga dan pelayanan karyawan. Namun, hal ini telah diatasi dengan upaya membandingkan harga dengan coffee shop lain dan membuat SOP serta melakukan evaluasi kepada karyawan. Saran penelitian ini adalah Polaris 45 dapat dijadikan sebagai sumber data penelitian dengan berbagai jenis topik lain. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk penelitian selanjutnya. Terakhir, Polaris 45 hendaknya membuat strategi diferensiasi dan meningkatkan standar evaluasi kepada karyawan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:28
Last Modified: 25 Apr 2024 04:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68914

Actions (login required)

View Item View Item